Cara Mengembalikan File yang Terhapus baik pada Ponsel ataupun Komputer

3 min read

cara mengembalikan file yang terhapus menggunakan aplikasi Mobikin Doctor

Cara mengembalikan file yang terhapus ternyata cukup mudah menggunakan beberapa alat bantu aplikasi lain. Hal ini tentu akan sangat membantu buat Anda yang secara tidak sengaja menghapus file pada ponsel android ataupun komputer. File yang bisa dipulihkan kembali bisa berupa data, foto, video, kontak, ataupun email. So, jangan bersedih hati ketika file penting Anda terlanjur terhapus.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus dengan Cepat dan Efektif

Terdapat beberapa cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus. Penasaran apa yang harus Anda lakukan untuk memulihkannya? Berikut ini ulasan lengkapnya tentang tips pulihkan file:

baca juga: Cara Mengetahui Password Wifi untuk Dapatkan Koneksi Internet Gratis Ala Hacker

Gunakan Aplikasi Recuva File Recovery

cara mengembalikan file yang terhapus menggunakan Aplikasi Recuva File Recovery
Aplikasi Recuva File Recovery

Recuva File Recovery adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk memulihkan kembali file yang hilang baik pada android ataupun PC. Namun, kali ini hanya akan dijelaskan bagaimana cara mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus di android. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan alat bantu lain seperti kabel data atau USB.

baca juga: Cara Mempercepat Download IDM yang Mudah Tanpa Ribet

Adapun tahap-tahap yang harus dilakukan untuk memulai proses pemulihan file antara lain sebagai berikut:

  1. Download aplikasi Recuva File Recovery pada perangkat PC. Kemudian sambungkan ponsel android Anda ke komputer tersebut dengan menggunakan kabel data yang telah disediakan.
  2. Pada jendela Recuva Wizard, pilih tipe file yang akan di-recovery atau dipulihkan kembali. Terdapat sejumlah opsi file yang bisa dipulihkan oleh aplikasi tersebut yang antara lain Pictures, Music, Documents, Video, Compressed, Emails, dan All types. Jika Anda merasa kesulitan atau bingung dengan tipe file yang hilang, maka pilih saja opsi ‘All types’ sehingga apapun jenis file yang hilang bisa dipulihkan. Setelah itu pilih ‘Next’ untuk melanjutkan proses recovery.
  3. Tentukan lokasi dimana file tersebut hilang atau terhapus dari ponsel Anda. Terdapat beberapa opsi pilihan pada menu File Location yang antara lain ‘In My Documents’, ‘In the Recycle Bin’, ‘On my media card or iPod’, ‘On a CD/DVD’, ‘In a specific location’, dan ‘I’m not sure’ jika anda lupa atau tidak yakin dimana file tersebut disimpan. Jika Anda ingat dengan jelas lokasinya, maka sebaiknya pilih ‘In a specific location’ dan isi kolom yang tersedia dengan folder tersebut.
  4. Lanjutkan dengan klik ‘Ok’ dan proses scanning untuk pencarian file yang hilang segera dilakukan oleh aplikasi Recuva File recovery. Tunggu beberapa saat hingga file-file yang telah hilang dimunculkan kembali dan tersimpan otomatis di tempat semula.

Gunakan Aplikasi Wondershare MobileTrans

cara mengembalikan file yang terhapus menggunakan aplikasi Wondershare MobileTrans
aplikasi Wondershare MobileTrans

Aplikasi kedua yaitu Wondershare MobileTrans juga berfungsi untuk memulihkan data atau file yang terhapus di android. Anda juga memerlukan kabel USB sebagai perantara. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan antara lain:

  • Download aplikasi Wondershare MobileTrans pada PC ataupun leptop
  • Sambungkan ponsel android dengan komputer tersebut menggunakan alat bantu USB
  • Aktifkan mode ‘USB Debugging’ pada ponsel Android yang Anda gunakan.

Sebagai informasi, USB Debugging merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menunjukkan penghubungan atau jembatan yang dibangun antara komputer dengan ponsel. Salah satu fungsi dari mode tersebut adalah tak lain untuk recovery data atau pemulihan file yang hilang atau terhapus.

Adapun cara untuk mengaktifkan mode ‘USB Debugging’ pada android adalah:

  • Pilih ‘Setting’ à ‘About’
  • Temukan ‘Build Number’ pada lembar ‘About’

Selanjutnya, tugas Anda adalah menekan angka ‘Build Number’ tersebut sebanyak 7 kali berturut-turut. Tak lama kemudian akan muncul notifikasi ‘Developer mode has been enable’ atau ‘You are now a developer’.

  • Kembali ke menu’Setting’ dan Anda akan mendapati menu baru yaitu ‘Developer Option’
  • Klik ‘Developer Option’ tersebut dan aktifkan menu ‘USB Debugging’
  • Jika sudah terhubung antara ponsel dengan Komputer, selanjutnya pilih file yang akan dilakukan recovery

Terdapat sejumlah opsi file yang bisa dipulihkan yaitu Contacs, Messaging, Gallery, Audio, Videos, Documents, Call History, dan Whatsapp message & attachment. Setelah memilih opsi file, selanjutnya pilih ‘Next’ untuk melanjutkan proses pemulihan.

  • Proses scanning akan berjalan dan menampakkan kembali file-file yang hilang. Selanjutnya, tugas terakhir Anda adalah memilih file mana saja yang akan dipulihkan. Jika sudah selesai memilih, lalu klik ‘Recover’ untuk menyimpannya kembali ke folder.

Gunakan Aplikasi MobiKin Doctor

cara mengembalikan file yang terhapus menggunakan aplikasi Mobikin Doctor
Mobikin Doctor

Cara mengembalikan file yang terhapus selanjutnya dengan mudah dan praktis adalah menggunakan sotfwtare MobiKin Doctor. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Beberapa Operating System (OS) yang support dengan aplikasi recovery data ini antara lain Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

baca lainnya: Simak Cara Aktivasi Windows 10 yang Bisa Anda Ikuti

Adapun tata cara menggunakan aplikasi MobiKin Doctor untuk pemulihan data adalah sebagai berikut:

  • Download aplikasi MobiKin Doctor pada perangkat komputer dengan OS yang support
  • Sambungkan android dengan komputer tersebut menggunakan USB
  • Lakukan pengaktifan ‘USB Debugging’ dengan tahap-tahap yang telah dijelaskan di atas. Proses aktivasi dinyatakan berhasil apabila muncul gambar yang menunjukkan bahwa keduanya telah terkoneksi.
  • Tentukan file mana yang akan dipulihkan dengan MobiKin Doctor. Beberapa pilihan tipe file yang bisa direcovery antara lain Photos, Videos, Audio, Contacs, Messages, Call Logs, dan Documents,
  • Klik ‘Recover’ pada bagian bawah untuk membuat file-file pilihan Anda kembali tersimpan ke tempat semula.

Gunakan aplikasi Recycle Bin

cara mengembalikan file yang terhapus menggunakan aplikasi Recycle Bin
aplikasi Recycle Bin

Mengembalikan file yang telah terhapus dalam perangkat PC biasanya menggunakan aplikasi Recycle Bin. Tahukah Anda bahwa aplikasi tersebut juga tersedia dalam versi android? Terdapat sejumlah aplikasi sampah atau Recycle Bin yang bisa diterapkan pada ponsel android. Tingkat efektivitasnya dalam memulihkan data tentu tak kalah jago dibandingkan versi PC.

Inilah beberapa aplikasi Recycle Bin versi android yang bisa Anda pasang untuk memulihkan kembali file yang terhapus:

  • Dumpster

Aplikasi Dumpster terbukti ampuh untuk memulihkan data yang terhapus baik berupa foto, video, maupun aplikasi yang telah didownload. Caranya sangat mudah yaitu Anda hanya perlu membuka Dumpster untuk memilih file-file mana saja yang akan dipulihkan.

  • Recycle Master

Recycle Master bekerja efektif dengan cara mencadangkan semua file yang menempel pada ponsel android pasca aplikasi tersebut diinstal. Demi meningkatkan keamanan, terdapat password khusus yang bisa Anda terapkan sebelum membukanya.

  • DiskDigger Photo Recovery

Meskipun aplikasi ini bernama DiskDigger Photo Recovery, namun file sampah versi android ini tak hanya bisa memulihkan foto saja. Namun, file musik dan video juga bisa dipulihkan dengan cepat. Kinerjanya akan semakin efektif apabila ponsel Anda telah di-root.

Cara mengembalikan file yang terhapus memang cukup mudah dan bekerja secara efektif. Akan tetapi, Anda harus memilah aplikasi mana yang ringan saat diterapkan pada PC ataupun ponsel android. Jangan sampai aplikasi pemulihan data tersebut justru membuat perangkat Anda menjadi lemot.

2 Replies to “Cara Mengembalikan File yang Terhapus baik pada Ponsel ataupun…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *