San Fadhly Fadly Ikhsan adalah seorang blogger yang hobby menulis tentang teknologi dan informasi terupdate masa kini. Meluangkan tulisan di GUBRIZ.COM.

Penyebab dan Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di PC  

3 min read

cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di PC dengan Format Flashdisk Melalui Disk Management

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca, siapa yang tidak mengenal benda kecil penuh manfaat ini? Tentu hampir semua orang memilikinya dan menggunakannya. Flashdisk memang sangat bermanfaat untuk menyimpan data dan file sementara, terkadang kita juga menggunakan flashdisk sebagai tempat backup file-file penting dari PC. Namun, terkadang ada kalanya flashdisk anda akan mengalami sedikit kerusakan yang mengakibatkan flashdisk tidak terbaca di PC atau leptop. Masalah ini sangat banyak dialami oleh para pekerja IT dan anak sekolah yang hampir setiap harinya menggunakan flashdisk.

Tentu permasalahan tersebut akan sangat mengkhawatirkan bagi anda terlebih jika didalam flashdisk tersebut banyak tersimpan data penting. Anda tidak perlu khawatir karena terdapat berbagai cara untuk mengatasi masalah flashdisk yang tidak dapat terbaca di PC.

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi Flashdisk tidak terbaca di PC maka anda harus terlebih dahulu mengetahui penyebab hal tersebut terjadi. Masalah yang mengakibatkan flashdisk tidak terbaca di PC mempunyai teknik yang berlawanan untuk mengatasinya karena masalahnya tentu berbeda-beda. Flashdisk yang tidak terbaca bisa diakibatkan memang kerusakan pada flashdisknya dan juga bisa dikarenakan adanya masalah pada PC anda. Untuk mengetahui hal tersebut anda bisa mengecek dengan menghubungkan flashdisk di PC atau komputer lain atau dengan menghubungkan flashdisk lain di PC anda. Dari situlah anda bisa mengetahui sebenarnya letak masalah terdapat pada flashdisk atau PC anda.

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca di PC

  1. Kerusakan fisik akibat adanya desakan keras yang menjadikannya kocak dibagian dalam.
  2. Mencabut flashdisk tanpa terlebih dahulu di eject/removeable.
  3. Tempat colokan USB kotor atau rusak
  4. Masalah pada driver USB PC
  5. Flashdisk terkena virus
  6. Flashdisk yang anda gunakan kualitas rendah.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Cara mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca karena masalah Driver USB

cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di PC dengan Cara mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca karena masalah Driver USB
Flashdisk Tidak Terbaca karena masalah Driver USB

Apabila anda telah mencoba untuk menghubungkan flashdisk ke PC lain dan dapat terbaca maka kemungkinan terjadi kerusakan pada Driver Usb anda. Apabila USB yang kamu hubungkan dapat tersambung namun data tidak terbaca oleh komputer maka anda bisa mengeceknya melalui langkah yaitu buka Device Manager di PC. Jika ingin lebih muda maka tuliskan keyword “ Device Manager” pada kolom search kemudian buka programnya. Kemudian klik “Universal Serial Bus Controller”, kemudian klik “Scan For Hardware Changes” di bagian atas.

Baca juga: Cara Mudah Download MP3 dari Youtube

Jika anda sudah melakukan kedua cara tersebut seharusnya flashdisk anda sudah dapat terbaca di PC. Namun jika masih belum terbaca, kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen didalam port. Atau juga bisa saja ada kerusakan pada kabel sambungan.

Cek Flashdisk menggunakan Fitur di Windows

cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di PC dengan Cek Flashdisk menggunakan Fitur di Windows
Cek Flashdisk menggunakan Fitur di Windows

Windows hadir dengan fitur untuk scanning flashdisk. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi flashdisk yang memang memiliki kerusakan. Jika diindikasikan terdapat kerusakan, Windows akan secara otomatis memperbaiki flashdisk anda. Permasalahan yang mengakibatkan flashdisk tidak terbaca salah satunya yaitu flashdisk bervirus. Oleh sebab itu lakukanlah cara berikut ini untuk scanning flashdisk anda dari virus didalamnya.

  1. Hubungkan flashdisk ke port USB pada PC
  2. Klik kanan pada ikon Windows dan kemudian pilih Disk Management.
  3. Kemudian pilihlah Disk Flashdisk anda. Pada tahap ini disk yang ada di flashdisk anda akan berada di (E) maka selanjutnya klik kanan pada (E)
  4. Setelah itu, pilihlah properties dan kemudian akan muncul Windows baru
  5. Lanjutkan dengan mengeklik tools dan pilihlah fitur yaitu “Check.
  6. Dan di tahap terakhir anda bisa langsung mengeklik scan and repair drive kemudian tunggu beberapa waktu hingga proses scanning selesai.
  7. Jika sudah selesai, lakukan pengecekan dengan mencabut flashdisk dan kemudian menghubungkannya kembali di port USB.

Baca lainnya: Cara Cermat Atasi Lupa Kata Sandi Gmail

Format Flashdisk menggunakan CMD

cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di PC dengan Format Flashdisk menggunakan CMD
Format Flashdisk menggunakan CMD

Jika anda mulai bingung karena telah mencoba kedua cara diatas namun Flashdisk tidak kunjung terbaca maka lakukan cara mengatasi flashdisk tidak terbaca selanjutnya yaitu dengan menghapus atau memformat flashdisk anda. Cara ini bisa anda lakukan jika anda telah memiliki backup data penting di tempat lain yaitu PC atau hardisk eksternal. Lalu bagaimanakah cara memformat flashdisk jika flashdisknya saja tidak dapat terbaca di PC ? Hal ini sangat mudah, anda bisa memanfaatkan fitur CMD dari Windows untuk melakukan format pada flashdisk anda. Berikut langkahnya :

  1. Hubungkan flashdisk ke port USB di PC anda.
  2. Klik Windows dan ketik CMD maka akan muncul Windows CMD
  3. Jika sudah maka tulislah FORMAT F:/FS:FAT pada CDM tersebut. F pada format tersebut menunjukan lokasi flashdisk maka anda bisa menyesuaikan kode F dengan lokasi flashdisk anda masing-masing. Lokasi yang dimaksud disini yaitu lokasi local disk D, E, F, G dan seterusnya.
  4. Kemudian klik enter dan secara otomatis flashdisk akan terformat oleh windows.
  5. Untuk mengeceknya maka anda bisa mengeject terlebih dahulu flashdisk anda dan menghubungkannya kembali, jika proses format berhasil maka flashdisk anda dapat terbaca oleh PC namun file dan data anda sudah bersih karena terformat otomatis.

Format Flashdisk Melalui Disk Management

cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di PC dengan Format Flashdisk Melalui Disk Management
Format Flashdisk Melalui Disk Management

Menghapus keseluruhan data atau memformat data dalam flashdisk memang sangat ekstrime namun hal ini dapat dijadikan solusi terbaik jika flashdisk anda tidak terbaca akibat terserang virus. Selain melalui CMD anda juga dapat melakukan format flashdisk dengan Disk Management, berikut ini langkahnya :

  1. Hubungkan flashdisk ke PC anda
  2. Klik menu Windows dan ketik MSC di kolom search. Secara otomatis akan muncul halaman program compmgmt.
  3. Kemudian klik menu Disk Management.
  4. Kemudian anda akan melihat halaman jendela Disk Management dengan informasi tentang partisi di PC anda yang termasuk juga flashdisk anda.
  5. Langkah berikutnya yaitu memilih bagian partisi flashdisk anda. Langkah ini harus benar-benar anda perhatikan, pilihlah lokasi flashdisk yang sesuai jangan sampai tertukar dengan letak hardisk. Karena jika anda memilih letak hardisk akan mengakibatkan hardisk anda yang otomatis terformat.
  6. Setelah anda pilih, maka selanjutnya klik kanan dan pilih format
  7. Tunggulah hingga proses format data selesai.

Baca juga: Cara Memotong Video Mudah dan Cepat dengan Android

Berikut tadi cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di PC yang bisa anda lakukan. Perlu anda ingat, selalu lakukan backup data di beberapa tempat selain flashdisk, anda bisa membackup data anda di hardisk internal maupun ke flashdisk lainnya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisasi apabila terjadi masalah pada flashdisk anda. Tentu lakukan tahapan diatas dari awal hingga akhir, usahakan untuk tidak terlebih dahulu melakukan proses format isi flashdisk jika data didalam flashdisk masih bisa diselamatkan. Selain itu untuk menambah keamanan data yang anda miliki, rajinlah untuk melakukan scanning virus di leptop maupun flashdisk anda terlebih jika flashdisk anda sehabis dihubungkan dengan PC yang bukan milik anda.

San Fadhly Fadly Ikhsan adalah seorang blogger yang hobby menulis tentang teknologi dan informasi terupdate masa kini. Meluangkan tulisan di GUBRIZ.COM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *