San Fadhly Fadly Ikhsan adalah seorang blogger yang hobby menulis tentang teknologi dan informasi terupdate masa kini. Meluangkan tulisan di GUBRIZ.COM.

Cara Memperkecil Ukuran PDF Pakai Aplikasi dan Software

3 min read

Cara Memperkecil Ukuran PDF Secara Online dengan Small PDF

Cara memperkecil ukuran PDF bisa dilakukan dengan mengandalkan sistem online, aplikasi, ataupun software. Tidak dapat di pungkiri apabila penyimpanan file dalam bentuk PDF sering kali memakan ruang yang lebih besar dibandingkan dengan file berbentuk word. Namun, eksistensi PDF memang lebih banyak disukai karena menjadikan dokumen menjadi lebih baik dan tentunya dapat lebih mudah dalam memahami teks.

Meski ukuran file PDF telah diperkecil, tidak akan memberikan pengaruh terhadap isinya. Teks ataupun gambar yang ada di dalamnya akan tetap sama seperti sebelum ukurannya diperkecil. Untuk itu, pengetahuan tentang cara mengecilkan ukuran PDF penting untuk diketahui agar nantinya tidak memakan banyak ruang. Jika masih bingung, maka simak saja serangkaian cara berikut ini.

Cara Memperkecil Ukuran PDF Lewat Software dan Aplikasi

Apabila hendak menggunakan software dan aplikasi, Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Caranya juga sangat mudah dan tidak perlu menggunakan jaringan internet sehingga Anda bisa mengaksesnya kapan saja. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak beberapa ulasan berikut ini.

Microsoft Word 2013

Cara Memperkecil Ukuran PDF Pakai Microsoft Word 2013
Microsoft Word 2013

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan software Microsoft Word 2013 yang biasanya sudah ada di dalam sistem komputer. Sebenarnya, menggunakan versi di atasnya seperti 2010 atau 2016 tetap bisa dilakukan, tetapi untuk percontohan kali ini akan menggunakan versi 2013. Sebelumnya, pastikan untuk menyiapkan file PDF yang akan diperkecil tidak membutuhkan waktu lama.

baca juga: Cara Download Video di Youtube dengan Aplikasi Berikut

  • Pertama-tama, buka file PDF yang telah disiapkan lalu klik kanan dengan memilih opsi open with MS Word 2013.
  • Setelah itu, file akan berubah format menjadi dokumen word secara otomatis.
  • Simpan kembali menggunakan format PDF dan pilih opsi minimum size pada bagian menu optimize for.
  • Nantinya, file akan tersimpan ulang dengan ukuran lebih kecil.

Orpalis PDF Reducer

Cara Memperkecil Ukuran PDF Pakai Orpalis PDF Reducer
Orpalis PDF Reducer

Sesuai dengan namanya, Orpalis PDF Reducer memang hanya difungsikan untuk mengatur ukuran PDF sehingga tidak bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Ukurannya aplikasi ini sangat kecil dan tidak membutuhkan waktu lama saat proses pengecilan file berjalan. Anda juga tidak perlu tersambung pada jaringan internet dan bisa langsung mengikuti deretan langkah berikut.

  • Buka file PDF yang ingin diperkecil ukurannya lalu pilih menu destination untuk menentukan letak penyimpanan file hasil compress.
  • Setelah itu, pada menu start batch langsung klik dua kali dan secara otomatis proses pengecilan file PDF akan berjalan.
  • Tunggu prosesnya selama beberapa saat hingga ada pemberitahuan berupa pop up yang menginformasikan jika file selesai diperkecil.

Adobe Acrobat Pro

Cara Memperkecil Ukuran PDF Pakai Adobe Acrobat Pro
Adobe Acrobat Pro

Siapa yang tidak mengenal aplikasi PDF satu ini? Sepertinya hampir semua orang sudah sangat akrab dengan Adobe Acrobat Pro karena aplikasi ini memiliki fitur yang begitu lengkap. Mulai dari penayangan PDF hingga mengecilkan ukurannya, semua bisa dilakukan dengan aplikasi ini. Untuk pengecilan file, berikut ini beberapa langkah yang bisa ditempuh.

  • Buka file PDF langsung menggunakan aplikasi Adobe.
  • Setelah terbuka, klik menu file di bagian pojok kiri atas lalu pilih opsi save as other.
  • Klik reduced size PDF untuk mulai mengubah ukurannya.
  • Nantinya akan muncul notif pop up yang berisi beberapa opsi. Langsung saja pilih retain existing dan make compatible with pada notif pop up tersebut. Jika sudah memastikan memilih keduanya, langsung klik ok.
  • Selanjutnya, tentukan tempat penyimpanan file PDF dan proses selesai.

Nitro PDF

Cara Memperkecil Ukuran PDF Pakai Nitro PDF
Cara Memperkecil Ukuran PDF Pakai Nitro PDF

Cara memperkecil ukuran PDF bisa juga dilakukan dengan menggunakan aplikasi Nitro. Sama halnya dengan Adoba Acrobat, Nitro juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang berhubungan dengan file PDF. Tidak hanya bisa mengurangi ukurannya saja, Anda bahkan juga bisa mengedit isi dari file PDF menggunakan aplikasi ini. Jika sudah sangat penasaran, berikut langkah-langkah yang perlu dilewati.

baca juga: Pilihan Aplikasi Stok Barang Android yang Mudah Dipakai

  • Gunakan Nitro sebagai aplikasi untuk membuka file PDF yang akan diperkecil ukurannya.
  • Setelah file terbuka, klik menu file di pojok kiri atas lalu pilih opsi reduced size.
  • Selesai mengklik reduced size, langsung klik kanan di menu optimize dan secara otomatis proses compress akan berjalan.
  • Apabila proses compress ukuran selesai, nantinya akan ada pemberitahuan dan langsung saja klik accept. Setelah itu pilih tempat penyimpanan file yang aman agar tidak hilang.

Cara Memperkecil Ukuran PDF Secara Online

Selain menggunakan software dan aplikasi, Anda juga bisa melakukan proses pengecilan ukuran file secara online. Dibandingkan dengan menggunakan aplikasi, cara online dinilai lebih cepat dan tidak membutuhkan waktu lama.

Namun, Anda memang perlu menyiapkan jaringan internet yang stabil agar tidak gagal di tengah jalan. Berikut ini beberapa portal online yang bisa digunakan untuk memperkecil ukuran PDF.

Small PDF

Cara Memperkecil Ukuran PDF Secara Online dengan Small PDF
Small PDF

Jika dilihat dari namanya, sudah jelas apabila fungsinya adalah untuk memperkecil ukuran PDF. Untuk membuka situs ini, cukup ketikkan namanya pada mesin pencarian Google dan Anda bisa langsung dihadapkan pada tampilan awalnya. Apabila masih bingung tentang cara menggunakannya, maka simak saja beberapa tahapan berikut ini.

  • Masuk ke dalam situs Small PDF lalu klik menu compress PDF. Setelah itu masukkan file yang akan diperkecil dengan mengklik menu choose file.
  • Nantinya ada dua opsi ukuran hasil pengecilan dan Anda bisa mengklik opsi yang pertama atau basic compression karena meskipun opsi kedua lebih bagus, proses tersebut tidak gratis.
  • Setelah itu, pilih choose option dan tunggu proses compressing selama beberapa saat. Jika sudah langsung saja klik pilihan download file dan secara otomatis akan masuk di folder download.

Soda PDF

Cara Memperkecil Ukuran PDF Secara Online dengan Soda PDF
Soda PDF

Soda PDF bisa digunakan untuk memperkecil file PDF sehingga tidak lagi memenuhi ruang penyimpanan. Nantinya akan ada dua pilihan paket, yakni gratis dan berbayar. Jika memang tidak ingin berlanggan, maka Anda masih bisa menikmati pilihan paket gratis dengan catatan penggunaan fitur yang terbatas dan kurang maksimal. Untuk cara mudahnya, simak saja langkah-langkah berikut ini.

baca juga: 8 Aplikasi Belajar Offline Terbaik untuk Meningkatkan Kemampuan

  • Ketikkan Soda PDF pada web pencarian Google lalu pilih situs yang muncul pertama. Pada menu bagian atas, terdapat pilihan Soda PDF Online dan langsung saja klik satu kali.
  • Setelah itu pilih opsi Manage PDF Files lalu klik Compress PDF.
  • Pilih file yang akan diperkecil dengan memasukkan di menu choose file. Tunggu proses penguploadan selama beberapa menit lalu klik compress PDF files.
  • Kemudian, tentukan letak penyimpanannya atau bisa juga mengirimkan file lewat email dengan memasukkannya di pilihan send file by Email.

Itulah beberapa cara memperkecil ukuran PDF yang bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa ribet. Menggunakan aplikasi ataupun sistem online sebenarnya sama saja karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk itu, Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan atau jenis file yang akan di compress. Namun jika tidak ingin ribet mengunduh aplikasi, maka lebih baik menggunakan cara online. Semoga bermanfaat!

San Fadhly Fadly Ikhsan adalah seorang blogger yang hobby menulis tentang teknologi dan informasi terupdate masa kini. Meluangkan tulisan di GUBRIZ.COM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *