San Fadhly Fadly Ikhsan adalah seorang blogger yang hobby menulis tentang teknologi dan informasi terupdate masa kini. Meluangkan tulisan di GUBRIZ.COM.

Cara Mempercepat Download IDM yang Mudah Tanpa Ribet

3 min read

Cara mempercepat download IDM (Internet Download Manajer) bukanlah hal yang sulit dan rumit. Akan tetapi, keterbatasan pengetahuan terhadap ilmu teknologi dan informasi menjadi salah satu penghalang. Padahal, penting sekali untuk Anda ketahui mengenai cara-cara cepat melakukan download idm. Segala pekerjaan terkait pengunduhan file ataupun aplikasi akan lebih cepat terselesaikan.

Inilah 4 Cara Mempercepat Download IDM yang Paling Ngebut

Anda tak butuh waktu berlama-lama di depan layar komputer untuk menunggu hasil download suatu aplikasi atau berkas dari internet. Kini ada beberapa cara cepat yang bisa dipraktekkan dengan mudah dan murah. Berikut ulasan tentang 4 cara untuk mempercepat download idm hingga berkali-kali lipat:

Manfaatkan Aplikasi IDM Optimizer

Cara Mempercepat Download IDM dengan IDM Optimizer
IDM Optimizer

IDM optimizer merupakan sebuah software aplikasi yang bertujuan untuk mengoptimalisasi proses pengunduhan data dari Internet Download Manager. Secara otomatis aplikasi ini akan melakukan setting default serta pengaturan fragmentasi file yang diunduh. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dalam kapasitas yang cukup ringan.

Penggunaan IDM optimizer sangatlah mudah dan simpel karena hanya dibekali dengan 2 menu utama. Lakukan klik pada menu ‘Maximize Now’ untuk memaksimalkan kemampuan unduh. Sistem akan terotomatisasi untuk melakukan pengaturan IDM agar proses pengunduhan menjadi lebih cepat. Menu lainnya adalah ‘Restore Default’ yang bertujuan untuk mengembalikan pengaturan IDM ke awal atau mode default manakala Anda kurang puas dengan kinerjanya.

Keunggulan lainnya dari aplikasi IDM optimizer adalah keamanan yang terjamin dari file unduhan. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut telah didukung dengan koneksi proxy. Selain itu, pengamanan proses unduh bisa juga Anda tingkatkan menggunakan protocol SOCK4 ataupun protokol SOCK5.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat melakukan download IDM optimizer. Salah satunya adalah kemungkinan terdeteksinya aplikasi ini sebagai malware oleh beberapa sistem antivirus. Hal ini bisa terjadi dikarenakan cara kerja aplikasi yang mengubah sistem atau pengaturan awal IDM. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika Anda menonaktifkan terlebih dahulu perangkat antivirus yang menempel di komputer.

baca juga: Cara Merubah PDF ke Word secara Mudah dan Cepat

Sesaat setelah pengunduhan IDM optimizer dinyatakan berhasil terpasang, lakukan restart terlebih dahulu pada perangkat komputer Anda. Hal ini bertujuan agar kinerja aplikasi untuk mengatur ulang sistem IDM dalam mengoptimalisasi pengunduhan berjalan dengan sempurna seperti yang diharapkan.

Lakukan Setting Proxy

Cara Mempercepat Download IDM dengan setting proxy
setting proxy

Sebagai bahan pengetahuan, proxy merupakan sebuah program computer atau server yang fungsinya bertindak layaknya computer lainnya. Tujuannya adalah melakukan request ataupun permintaan terhadap suatu konten yang muncul di jaringan intranet ataupun internet. Secara garis besar, proxy bekerja sebagai gateway untuk menjelajah dunia lewat jaringan internet pada komputer klien.

Salah satu fungsi proxy adalah tak lain untuk meningkatkan koneksi atau akses internet sehingga secara otomatis dapat memaksimalkan setiap file atau data yang diunduh. Sebagai contoh, ketika Anda akan mendownload data yang berasal dari Swedia atau negara lainnya yang jangkauannya jauh dari Indonesia sudah tentu koneksinya akan semakin melambat. Pada saat inilah proxy bekerja dengan cara merubah IDM lokal Indonesia menjadi IDM negara lain yang lebih dekat.

Setelah mengetahui cara kerja dari proxy, saatnya Anda untuk mengetahui tata cara pengaturan ulang proxy pada perangkat komputer. Tahap-tahapannya dapat Anda lihat pada list di bawah ini:

  • Buka aplikasi IDM yang menempel di komputer, kemudian pilih menu ‘Download’ à ‘Option’.
  • Pada lembar kerja Internet Download Manajer Configuration, pilih ‘File types’ à ‘Proxy/Socks’
  • Anda akan menemukan beberapa opsi yang harus dilakukan ceklist yang antara lain ‘Use Proxy’, ‘ftp’, ‘https’, dan ‘http’. Selanjutnya, Anda harus mengisi kolom ‘Port’ dan ‘Proxy server address’, sedangkan pada kolom ‘Username’ dan ‘Password’ bisa dikosongkan.
  • Klik ‘Ok’ untuk menyelesaikan setting

Anda bisa melakukan pengecekan langsung pada proses pengunduhan file di internet apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan. Jika kurang puas atau justru terjadi error dengan setting proxy yang baru saja dilakukan, Anda bisa menggantinya dengan proxy lain yang lebih baik dan paling up to date.

baca juga: 6 Cara Download YouTube Tanpa Software yang Simpel dan Mudah

Lakukan Setting pada Registry Editor

Cara Mempercepat Download IDM dengan Lakukan Setting pada Registry Editor
Cara Mempercepat Download IDM dengan Lakukan Setting pada Registry Editor

Cara mempercepat download IDM yang selanjutnya adalah dengan melakukan setting pada bagian Registry Editor atau yang biasa dikenal dengan singkatan Regedit. Pengaturan ulang pada registry ini terbukti efektif dalam meningkatkan proses pengunduhan file hingga berkali-kali lipat. Adapun langkah-langkah pengaturannya adalah sebagai berikut:

  • Klik ‘Start Menu’ yang berada di bagian pojok kiri bawah layar kompueter Anda
  • Pilih menu ‘Run’ pada daftar program yang tertera. Apabila Anda kesulitan untuk mencarinya, lakukan searching dengan mengetikkan kata Run pada kolom ‘See more result’ untuk memudahkan pencarian.
  • Pada kolom ‘Open’ yang muncul pada lembar Run, ketikkan kata regedit dan klik OK untuk menyelesaikannya.
  • Pilih folder ‘HKEY_CURRENT_USER’ à ‘Software’ à ‘Internet Download Manajer’.
  • Pilih ‘Connection Speed’ untuk kemudian lakukan di klik kanan. Selanjutnya akan muncul beberapa item, pilihlah ‘Modify’ untuk mengganti angka.

Lembar kerja ‘Edit DWORD’ akan muncul dengan dua kolom pengisian yaitu Value Name dan Value Data. Isilah kolom Value Name dengan ‘Connecting Speed’ dan bagian Value Data dengan angka 2576980377. Lalu pilih ‘Decimal’ pada menu ‘Base’. Terakhir, klik OK untuk menyelesaikan.

Cara meningkatkan akses jaringan internet dengan pengaturan Regedit memang cukup ampuh. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa trik ini tidak selalu berhasil bila dipraktekkan pada setiap personal computer. Bahkan, terkadang cara semacam ini tidak memberikan dampak apapun pada koneksi Anda. Namun, jika Anda beruntung maka trik ini bisa sangat membantu meningkatkan proses download IDM.

Setting Ulang Kecepatan Download di IDM

Cara Mempercepat Download IDM dengan Setting Ulang Kecepatan Download di IDM
Download di IDM

Trik terakhir yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan download adalah dengan melakukan setting pada aplikasi IDM itu sendiri. Anda bisa mengatur ulang kecepatan atau speed pada koneksi internet.  Adapun tata caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi IDM pada perangkat komputer, lau pilih menu ‘Downloads’ à ‘Option’.
  • Muncul beberapa menu pada layar Internet Download Manager Configuration dan Anda harus memilih menu ‘Connection’.

Selanjutnya akan muncul pengaturan ‘Connection Type/Speed’. Pilihlah opsi ‘High speed: Direct connection (Ethernet/cable) / Wi-fi / Mobile 4G / other’. Lakukan pula pengaturan pada menu ‘Max. connections number’. Ganti angka pada bagian ‘Default max. conn number’ dengan 16.

baca juga: Simak Cara Aktivasi Windows 10 yang Bisa Anda Ikuti

Opsi angka 16 tersebut digunakan ketika kecepatan akses internet hanya dalam hitungan kilobyte. Namun, jika mencapai kecepatan akses hingga 1-2 MB, Anda bisa mengganti default ke angka maksimal yaitu 32.

Cara mempercepat download IDM dengan 4 tips di atas sangat bergantung dari kualitas PC termasuk jenis windows dan tipe komputer yang Anda gunakan. Jadi, jangan heran jika tingkat efektivitasnya berbeda-beda untuk setiap perangkat.

San Fadhly Fadly Ikhsan adalah seorang blogger yang hobby menulis tentang teknologi dan informasi terupdate masa kini. Meluangkan tulisan di GUBRIZ.COM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *