San Fadhly Fadly Ikhsan adalah seorang blogger yang hobby menulis tentang teknologi dan informasi terupdate masa kini. Meluangkan tulisan di GUBRIZ.COM.

Simak Cara Aktivasi Windows 10 yang Bisa Anda Ikuti

3 min read

Cara aktivasi windows 10 dengan Menggunakan Lisensi Asli

Cara aktivasi windows 10 sebagai salah satu sistem operasi PC yang paling banyak digunakan sangatlah mudah. Ada beberapa fitur yang bisa digunakan pengguna secara keseluruhan. Untuk mendapatkan versi yang resmi, Anda harus melakukan aktivasi Windows 10 dengan menggunakan lisensi.

Windows 10 tentu memiliki kelebihan dibandingkan dengan versi sebelum-sebelumnya. Dari segi performa, Windows 10 lebih unggul. Fitur Cortana dan Microsoft Edge menjadi andalan sehingga banyak yang memilih menggunakan Sistem Operasi ini. Selain itu, untuk keamanan, Windows 10 juga memiliki sistem yang lebih tangguh.

Anda juga bisa mendapatkan versi gratis dengan mengunduh pada laman resmi Microsoft. Karena versi demo, tentu fitur-fitur yang ada juga terbatas. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mengaktivasi Windows 10. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Aktivasi Windows 10 dengan Mendapatkan Versi Demo

Cara aktivasi windows 10 dengan versi demo
Windows 10 Demo

Demo merupakan versi gratis yang bisa Anda dapatkan untuk mengaktivasi Windows 10. Anda bisa mengunduh softwarenya melalui website Microsoft. Caranya sangat mudah, yakni klik Download tool now kemudian tunggu proses pengunduhan sampai selesai. Setelah itu, buka berkas hasil unduhan dan pasang Windows 10 versi demo atau full version.

baca juga: 6 Cara Download YouTube Tanpa Software yang Simpel dan Mudah

Untuk versi demo, Anda tidak membutuhkan Product key untuk melakukan aktivasi Windows 10. Jika saat melakukan penginstalan muncul keterangan untuk membeli Product Key, Anda cukup klik Skip for now. Anda masih bisa mendapatkan full version-nya dengan melakukan pembelian.

Membeli Windows 10 Home dan Pro

Cara aktivasi windows 10 dengan membeli Windows 10 Home dan Pro
Windows 10 Home dan Pro

Untuk mendapatkan fitur Windows 10 secara keseluruhan tanpa ada watermark dan dapat melakukan personalisasi, Anda bisa melakukan pembelian lisensi mulai sekarang. Cara membelinya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke Setting pada PC atau laptop Anda
  • Pilih Update & Security
  • Kemudian pilih Activation dan klik Go to Store
  • Setelah berhasil masuk ke Store, Anda akan dihadapkan dua pilihan, yaitu versi Home atau Pro. Kedua versi ini memiliki harga yang sama, yakni 199,99 US Dollar atau sekitar Rp. 2,8 juta. Untuk Anda yang menggunakan PC untuk kebutuhan sehari-hari, sekolah, atau kuliah disarankan untuk memilih versi Home.

Sedangkan, jika digunakan untuk bekerja, pilih versi Pro. Fitur yang disediakan kedua versi ini adalah sama. Perbedaannya hanya terletak pada keamanan. Pada versi pro keamanan dan enkripsi lebih terjaga. Hal dikarenakan semua data yang tersimpan merupakan milik perusahaan yang bersifat konfidensial.

baca lainnya: Cara Merubah PDF ke Word secara Mudah dan Cepat

  • Kemudian lanjutkan proses pembayaran dan Anda akan dikirimkan software Windows 10 melalui email.
  • Windows 10 Anda siap untuk diaktivasi.

Jenis Lisensi

Anda bisa membeli lisensi Windows 10 atau versi OEM (Original Equipment Manufacturer). Banyak yang menyebut dengan versi retail. Versi retail dapat Anda beli dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, versi ini juga bisa dipindahkan dan digunakan oleh perangkat lain dengan mudah.

Untuk versi retail juga memiliki kelebihan seperti, fleksibilitas dalam melakukan upgrade hardware, seperti prosesor, RAM, HDD, dan lain sebagainya. Lisensi retail ini bukan hal illegal. Terdapat izin atau dukungan langsung dari Microsoft.

Aktivasi Windows 10 Menggunakan Lisensi Asli

Cara aktivasi windows 10 dengan Menggunakan Lisensi Asli
aktivasi windows 10 Menggunakan Lisensi Asli

Lisensi bisa didapatkan dengan membayar cukup mahal. Hal tersebut karena, ini merupakan versi resmi yang di banderol dengan harga sekitar 100 Dollar. Untuk mendapatkan lisensi yang resmi pastikan Anda menerima bentuk fisik pembelian yang meliputi, DVD Installer, License Key, COA Windows 10, dan logo Windows 10.

Untuk mengaktivasi Windows 10, Anda harus memastikan telah memasangnya dengan selesai. Berikut cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Masuk ke menu Setting di PC atau laptop Anda
  • Pilih Update & Security
  • Pilih Activation
  • Kemudian Anda harus memilih Change Product Key kemudian masukkan Product Key yang ada pada disk atau cek email Anda (jika dikirimkan lewat email)
  • Kemudian masukkan lisensi Windows 10 yang sudah Anda beli tadi kemudian secara otomatis Anda akan dialihkan pada halaman aktivasi Windows 10
  • Klik Next untuk melanjutkan
  • Tunggu hingga proses ini selesai. Perlu diingat bahwa proses ini memerlukan koneksi internet. Jadi pastikan Anda telah menghubungkannya dengan jaringan internet
  • Akan ada pemberitahuan setelah Windows 10 berhasil diaktivasi
  • Lalu pilih OK. Lisensi akan diverifikasi oleh sistem dan aktif dalam beberapa saat

Jika Windows mengalami error atau memerintahkan untuk install ulang, Anda tidak perlu membeli lisensi lagi. Hal ini karena cara ini merupakan permainan di mana Product Key dapat diinstal secara berulang-ulang.

Aktivasi Menggunakan KMS Auto Lite

Cara aktivasi windows 10 dengan KMS Auto Lite
KMS Auto Lite

Cara aktivasi windows 10 ini bisa Anda lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya. KMS Auto Lite adalah perangkat yang dapat menjalankan aktivasi pada sistem operasi Windows. Catatan sebelum mengaktivasi Windows 10 menggunakan aplikasi ini adalah pastikan Anda sudah mematikan Windows Defender atau antivirus lainnya. Hal ini penting karena saat menjalankan tool activator, maka Windows Defender atau antivirus lainnya akan menganggap itu sebagai virus. Sehingga akan terjadi error saat program tersebut dijalankan.

baca juga: Cara Download Video di Facebook Mudah dan Praktis

Selanjutnya izinkan Windows Script Host. Buka Smadav, kemudian klik kanan pada taskbar, lalu klik Allow Windows-Script & Office-Macro. Di sini akan ada dua pilihan, yakni Until Restart di mana hanya berlaku saat komputer di-restart. Sedangkan Permanent artinya Anda mengizinkan untuk selamanya.

Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan Windows 10:

  • Download KMS Auto Lite
  • Kemudian ekstrak file hasil unduhan. Di dalam file tersebut akan berisi dua folder, yaitu KMSAutoX64 dan KMSAuto. Jika Anda menggunakan Windows 64 Bit, maka pilih KMSautox64, sedangkan untuk Windows 32 Bit pilih KMSAuto.
  • Lalu install KMS Auto Lite hingga sukses dengan klik kanan>Run Administrator.
  • Centang Install GVLK dan Forcibly, lalu klik Windows Key untuk memasang produk Key Windows 10.
  • Setelah proses tersebut selesai, akan muncul KEY INSTALLED SUCCESSFUL kemudian lakukan centang lagi pada Activation dan klik Activate Windows
  • Setelah tulisan ACTIVATION SUCCESSFUL muncul, maka proses telah selesai dan Windows 10 Anda sudah berhasil diaktivasi.

Aktivasi Menggunakan KMS Pico

Cara aktivasi windows 10 dengan KMS Pico
KMS Pico

Software yang satu ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan KMS Auto Lite. Hanya saja KMS Pico lebih mudah untuk menjalankan aktivasi Windows10. Catatan sebelum menggunakan program ini sama dengan KMS Auto Lite. Kemudian, berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

  • Unduh software KMS Pico
  • Ekstrak file hasil unduhan dengan klik kanan dan pilih Run as Administrator
  • Install software hingga berhasil dan muncul tulisan Complete
  • Windows 10 Anda telah bersih diaktivasi

Cara aktivasi windows 10 di atas bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. Dengan menggunakan versi resmi yang berlisensi, tentu Anda akan mendapatkan berbagai fitur dan dapat melakukan penginstalan secara berulang-ulang. Namun, jika Anda belum memiliki budget yang cukup untuk membeli dapat menggunakan versi demo yang tentu saja terbatas. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

San Fadhly Fadly Ikhsan adalah seorang blogger yang hobby menulis tentang teknologi dan informasi terupdate masa kini. Meluangkan tulisan di GUBRIZ.COM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *